Rapat Koordinasi Kepala RA/Madrasah, Pengurus Yayasan di lingkungan Lembaga Pendidikan Ma’arif PCNU Kab Brebes digelar di MTs Assalafiyah Sitanggal sekaligus Ta’aruf dan Pembinaan Kepala Kantor Kementerian Agama Kab Brebes, KH. Fajarin

Tampak hadir Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga yang diwakili Kasi Kurikulum dan Kesiswaan Bidang Pembinaan Dikdas Dindikpora Brebes Mohammad Aka Darma Wahana,  Imam Gozali Kasi Pendidikan Madrasah sekaligus Wakil Ketua PCNU Kab Brebes, KH. Nur Iman Ali mewakili PCNU Kab Brebes.  Hadlir Pengurus LP Ma’arif PCNU Kab Brebes, H. Muhammad Ikhsan, Wasirun, Ali Sutarja, Agus Sunarto, Zaini Abdul Karim dan pengurus lain yang bergabung bersama para peserta rapat.

Dihadiri kepala RA, Madrasah dan Pengurus Yayasan di lingkungan Lembaga Pendidikan Ma’arif PCNU Kab Brebes disamping acara Pemberian Bantuan Alat Peraga/bantu Pendidikan Inklusi kerjasama UNICEF – LP Ma’arif NU .

Sambutan Ketua LP Ma’arif PCNU Kabupaten Brebes, Moh. Robikhun yang juga Ketua PGRI Cabang Khusus Kementerian Agama Kab Brebes, memberikan penjelasan di hadapan Pengurus Yayasan bahwa ketika lembaga/madrasah bergabung dengan LP Ma’arif tidak akan ditarik semua kekayaan material ke Lembaga Pendidikan Ma’arif. Ma’arif lebih akan mendampingi madrasah dalam meningkatkan kualitas pendidikan, baik kurikulum, kelembagaan, akademik maupun non akademik. Disampaikan juga tatkala pengangkatan Kepala Madrasah harus mengacu pada aturan yang ada dan menjalin komunikasi aktif dengan LP Ma’arif sehingga tidak berdampak negative di lembaga. Program yang akan dilakukan adanya Koperasi Ma’arif, PKPNU dan Penguatan Kepala dan Guru Ke-NU-an,memfasilitasi Diklat Kepala dan Calon Kepala Madrasah .

Ma’arif merupakan pelopor pendidikan Inklusi. Kab Brebes merupakan piloting UNICEF_LP Ma’arif NU setelah Kab Semarang dan Banyumas. LP Ma’arif telah menelorkan 5 Guru Pembimbing Khusus dan 7 Fasilitator Inklusi Daerah yang siap berhidmah membantu Pendidikan Inklusi. Hidmah Ma’arif untuk Brebes Inklusi.Lembaga dibawah Ma’arif NU harus sukses dalam akreditasi karena akan didampingi oleh tim akreditasi IASP 2020 LP Ma’arif PCNU Kab Brebes.

Penerima Bantuan yaitu : Bapperlitbangda, Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga, Fasilitator Daerah Inklusif Kab Brebes, PC Gerakan Pemuda Ansor Kab Brebes, PC IPNU IPPNU Kab Brebes,SMP Manbaul Hikmah Luwungragi, SD Ma’arif NU 2 Cenang, SDN Dukuhwringin,SDN 3 Kalierang, MTs Assalafiyah Sitanggal, MI Nahdlatul Ulama Dukuhmaja dan MI Ikhsaniyah Siwungkuk

Dalam pembinaannya Fajarin  Kepala Kantor Kementerian Agama Kab Brebes yang  juga mantan Pengurus LP Ma’arif PCNU Pemalang meyakinkan kepada Kepala RA/ Madrasah dan Pengurus bahwa ikut Anggota LP Maarif NU assetnya tidak akan diambil alih tetapi sebagai bukti kepedulian kita kepada NU melalui pedidikan dan dengan bergabung di LP Maarif NU menunjukkan  Kebersamaannya dalam membesarkan NU.Kebersamaan di LP Ma’arif NU akan dapat meningkatkan mutu pendidikannya melalui kegiatan Maarif yg bermutu. KKM madrasah maarif tetap mengikuti KKM Madrasah Negeri tetapi Maarif diberi wewenang untuk menyusun/ mencetak naskah soal PAS atau PAT bahkan Ujian Madrasahnya untuk memberdayakan dan meningkatkan kreatifitas guru di LP Maarif NU sehingga mutu guru dan siswa bisa bersaing tidak kalah dengan madrasah negeri. Juga disampaikan madrasah harus menjadi garda yang terdepan pendidikan Inklusi. Anak berkebutuhan khusus harus terpenuhi hak-hak belajarnya. Untuk itu kita punya kewajiban memenuhi dan mendampinginya.  Kementerian Agama melalui Direktorat Kurikulum Sarana Prasarana Kesiswaan dan Kelembagaan (KSKK) memfasilitasi pendidikan inklusi di madrasah antara lain memberikan bantuan kepada madrasah penyelenggara pendidikan inklusi.

H. Nur Iman Ali mewakili PCNU Kab Brebes menyampaikan angkah kuat dan besarnya apabila semua lembaga di naungan LP Ma’arif bersatu dan kompak. Semua kegiatan yang ada di madrasah dikelola dengan ma’arif sehingga melahirkan kebersamaan yang bernilai profit. Guru merupakan penanam pondasi pendidikan bagi anak. Untuk itu modal pondasi itu dengan keikhlasan yang akan beratsar dengan maslahatan umum (maslahah amah). Beliau juga Mengajak kepala madrasah di Lingkungan Lp Maarif NU kompak untuk meningkatkan mutu pendidikan dan kebersamaan dalam semua kegiatan dalam rangka membesarkan NU lewat pendidikan. Dan setuju adanya koperasi maarif untuk memenuhi kebutuhan seragam siswa,guru dan atk sekolah atau madrasah

Kegiatan yang sama juga digelar dalam waktu yang lalu di MTs Al Hikmah 02 Benda Sirampog. Hadlir dan memberikan motivasinya di hadapan Kepala RA, Madrasah dan Pengurus di lingkungan pendidikan Ma’arif NU wilayah Selatan, KH. Sholahudin Masruri Pengurus PWNU Jawa Tengah dan Pengasuh Pondok Pesantren Al Hikmah 2 Benda Sirampog, H. Fajarin Kepala Kantor Kementerian Agama Kab Brebes, Imam Gozali Kasi Penma Kankemenag Brebes, Faedurrohim Gara Zawa Kankemenag Brebes dan beberapa Pengurus LP Ma’arif PCNU Brebes.

By Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *