PCNU Brebes Launching Aplikasi Ngaji Online Super Canggih Bersanad & Bersertifikat

NgajiASWAJA.id itulah nama aplikasinya. Sebuah aplikasi produk Lajnah Ta’lif Wan Nasyr (LTN) PCNU Brebes. Aplikasi ngaji online terbaru dengan sistematika yang super canggih, mengarah, bertahap, bersanad & bersertifikat.

NgajiASWAJA.id adalah program pengajian online berbasis kitab-kitab salaf yang mu’tabaroh. Di isi para narasumber terpercaya dan bersanad muttasil hingga ke muallifnya.

Program ini memiliki slogan “Ngaji Online Bersanad dan Bersertifikat”. Bisa dipastikan bahwa kitab-kitab yang dikaji adalah kitab-kitab yang layak untuk dikaji dan tidak menyimpang dari ajaran ahlus sunnah wal jama’ah.

KH. M. Aqsho selaku Ketua Tanfidziyyah PCNU Brebes dan Rois Syururiyyah PCNU Brebes KH. Aminuddin Masyhudi

Begitu juga para narasumbernya, mereka adalah para alumni pesantren terpercaya yang sudah berkiprah di masyarakat luas dan pernah mengaji langsung secara talaqqi kepada gurunya (bersanad muttasil).

Siapapun bisa menjadi santri di sini. Cukup  mendaftar menjadi santri pada bagian awal aplikasi agar bisa mengaji kitab-kitab pada aplikasi tersebut.

Lah sisi canggih dan uniknya aplikasi ini adalah santri akan dapat mengikuti  kajian secara bertahap, dari awal hingga akhir alias khatam satu kitab.

Tidak diperkenankan mengaji loncat di pertengahan atau bagian akhir tanpa mengikutinya dari awal.

Sebab Tiap video yang ditayangkan mulai bab pertama, ada pertanyaan dalam bentuk pilihan ganda yang harus dijawab dengan benar sebagai syarat untuk melanjutkan ke video berikutnya.

Secara tidak langsung, fitur ini menuntut santri harus memahami isi materi yang disampaikan oleh para narasumber pada tiap video yang diputar.

Di akhir pengajian (khataman), narasumber akan membacakan sanad kitabnya, dan anda dapat mengunduh sertifikat berisi ijazah, sanad dan sertifikat berlogokan LTN PCNU Brebes dengan ketentuan yang kami berikan.

Sebagai catatan, kami sangat menganjurkan anda mengaji secara langsung (talaqqi) kepada guru-guru terpercaya di sekitar anda.

Karena dalam pengajian dengan sistem talaqqi akan terjadi sebuah interaksi langsung antara guru dan murid, tatkala sang guru melihat kekeliruan pada muridnya, beliau bisa langsung menegur dan meluruskannya sehingga murid tidak terlarut dalam kekeliruannya.

Namun demikian, tidak semua orang memiliki waktu dan kesempatan untuk ngaji secara talaqqi. Dari pertimbangan itu, dan berpedoman sebuah kaidah ulama bahwa

ما لا يدرك كله لا يترك كله

“Sesuatu yang tidak dapat dicapai sepenuhnya, tidak boleh ditinggal seluruhnya”

Maka PCNU Brebes melalui LTN NU-nya mempersembahkan program ngaji online ini untuk membantu kawan-kawan muslim sesama anak bangsa yang tak memiliki waktu cukup untuk datang langsung ketempat pengajian.

Apalagi dalam sebuah sambutan Launching aplikasi NgajiASWAJA.id tersebut, KH. M. Aqsho selaku Ketua Tanfidziyyah PCNU Brebes mengemukakan:

“Brebes sebentar lagi akan menjadi Kawasan Industri, tantangan demi tantangan mesti akan bertambah banyak, sebagai wujud peduli kami terhadap keberlangsungan rutinitas ngaji ilmu-ilmu ahlus sunnah wal jama’ah terkhusus bagi bagi orang-orang yang tak memiliki banyak waktu seperti para karyawan & karyawati sebuah perusahaan maka PCNU Brebes melalui LTN NU menyediakan aplikasi ngaji online “NgajiASWAJA.id” yang bersanad & bersertifikat”.

Acara launching aplikasi ngaji online yang bertempat di Pon. Pes. Ash Shodikin Banjarharjo Brebes hari ahad tanggal 29 November  2020 dibarengkan dengan acara pelantikan Pengurus MWC NU Kec. Banjarharjo periode 2020-2025.

Nampak hadir dalam acara tersebut, Rois Syururiyyah PCNU Brebes KH. Aminuddin Masyhudi dan seluruh pengurus PCNU Kab. Brebes berikut para BANOM & Lembaganya, juga perwakilan PWNU Jateng KH. Hudallah Na’im (Gus Huda).

Yang sangat menarik dari aplikasi NgajiASWAJA.id diantaranya adalah penggarapnya adalah seorang santri alumni Pon. Pes. Lirboyo, yang keseharian ketika dipondoknya hanyalah berjibaku dengan kitab-kitab kuning.

Beliaulah ketua LTN NU PCNU Brebes Ust. M. Toha SQ yang dengan kepiawaian dan kesabarannya mampu memberikan sumbangsih untuk kejayaan NU Kabupaten Brebes dengan aplikasi garapannya, karena setelah aplikasi ini selesai digarap banyak dari ormas lain ingin membelinya, akan tetapi dengan tegas beliau menjawab:

“ini saya khususkan untuk NU”.

Reporter

Muhammad Mawardi

Ketua LDNU Brebes

By Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *