CATATAN PINGGIR PERGERAKAN PROGRAM SISNU PCNU BREBES

Program pendataan/sensus warga NU berbasis SISNU adalah baru pertama kali dilaksanakan sepanjang sejarah berdirinya NU yg dimotori oleh PWNU JATENG.

Program yang sebelumnya oleh PBNU hanya sebatas pembuatan kartanu. Dalam SISNU ada 2 pendataan yaitu pendataan warga dan sekaligus pendataan aset-aset NU.

Program pencetakan KARTANU adalah efek positip dari pendataan SISNU tersebut sebagai rasa ghiroh mengabdi-berkhidmah di jam’iyyah tercinta.

Ada beberapa kelebihan program SISNU antara lain server dirancang oleh kader NU dan tenaga teknis pendataan pun dilaksanakan semua oleh kader NU.

Dasar hukum program SISNU yaitu UU no. 17 Tahun 2013 dan perubahannya, AD/ART NU, PO NU, hasil Konverwil 2018, Muskerwil 2019 dan rapat pengurus harian PWNU Jawa Tengah.

Disamping itu program SISNU adalah pengejawantahan dari 9 pokok perintah kader yaitu poin pertama tentang perintah menyusun data base dan poin 8 perintah tentang pendataan aset NU yang stategis.

Karena SISNU adalah program PWNU Jateng maka IDEALNYA semua pengurus PWNU, PCNU, MWC, Ranting, Badan Otonom Muslimat, Fatayat, Ansor dan IPNU/ IPPNU serta lembaga yg merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari PWNU harus bahu membahu dan mendukung suksesnya program SISNU PWNU Jateng.

Bagaimana di PCNU Brebes?

Pertama kali proses input data di PCNU Brebes yaitu dilakukan pada tanggal 30 agustus 2020 bersamaan dengan pelaksanaan bimbingan teknis OPETATOR RANTING DAN KOORDINATOR MWC sesuai SOP PWNU Jateng.

Dan sebelumnya didahului dengan pembentukan admin cabang berjumlah 9 orang terbagi dibagi menjadi 3 wilayah yaitu Brebes utara, tengah dan selatan dengan ketua Drs. Ahmad sopi, Mpd.

Pelaksanaan BIMTEK bertempat SMK Ma’arif Larangan untuk wilayah utara dengan peserta 202 Operator Ranting dan 8 Koordinator MWC, sedangkan wilayah Brebes selatan di SMK Wicaksana Al Hikmah 2 benda sirampog dengan peserta 141 Operator Ranting dan 7 koordinator MWC.

Dalam pelaksanaan BIMTEK ini ada beberapa MWC yang tidak mengirimkan Operator Ranting sama sekali yaitu MWC Ketanggungan, Kersana, Wanasari dan Jatibarang.

Dengan berjalannya waktu kurang lebih kisaran 30 hari setelah BIMTEK, maka MWC yang tadinya tidak mengirimkan Operator Ranting sampai hari ini akhirnya sudah mendelegasikan Operator Ranting walaupun jumlahnya tidak sesuai dengan jumlah ranting NU.

Hasil pendataan warga NU di PCNU secara serempak di lounching ke seluruh MWC pada tanggal 9 september 2020 sampai 30 september 2020 yang terinput adalah sejumlah 47.589 warga.

Didukung 2 mesin cetak dan tenaga cetak yang bekerja siang malam maka jumlah KARTANU yang sudah tercetak adalah 8.968, dan yang belum tercetak sejumlah 12.682, yang baru siap diajukan pencetakan KARTANU sejumlah 2.844 dan yang belum siap buat KARTANU dan hanya mengikuti sensusnya saja sejumlah 27.180.

Dalam mensukseskan pelaksanakan SISNU, PCNU Brebes melaksanakan 3 pengamanan, pertama; pengamanan data yang hanya bisa diinput oleh OR (Operator Ranting) yang diambil datanya dari kader NU, kedua; pengamanan cetak KARTANU dipusatkan satu tempat dan oleh admin yang khusus ditunjuk untuk cetak kartu, ketiga; pengamanan keuangan, semua biaya cetak KARTANU di transfer ke rekening PCNU Brebes.

Kelemahan dan tantangan yang dihadapi.

Setiap pelaksanaan program apapun pasti ada kelemahan dan tantangannya yang terkadang bisa menghambat sampai menggagalkan kesuksesan program yg dilaksanakan.

Baca juga

Tanpa adanya kelemahan dan tatangan sebagai hambatan maka ROMANTIKA pencarian alternatif ataupun solusi guna mensukseskan kegiatan tak akan berjalan indah dan membekas dslam kenangan perjalanan organisasi.

Ada beberapa kelemahan dan tantangan yang dihadapi yaitu antata lain; ada sedikit pengurus MWC dan badan otonom yang tidak sepenuh hati mendukung program ini.

Disamping itu wilayah Brebes adalah wilayah yang cukup luas dan memanjang terkadang butuh waktu ekstra untuk berkoordinasi.

Namun kesemuanya itu marilah kita jadikan sebagai cambuk untuk lebih bekerja keras dan selalu kompak untuk mensukseskan program pendataan warga NU berbasis SISNU.

Dan alhamdulillah terbukti PCNU Brebes sampai tanggal 30 september menduduki peringkat pendataan nomer 8 dari 36 PCNU se-PWNU Jateng.

H. Zainudin,
Penggarutan, 30 september 2020
Jam 20.10 WIB

By Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *