Hindari Rasa Malu Tuk Belajar Ilmu Ahlus Sunnah Wal Jama’ah & Untuk Mengajarkannya

Para Ulama Berkata:

لا يتعلم اثنان المستحي والمتكبر

Ada dua orang yang enggan belajar ilmu agama, orang yang malu belajar ilmu agama & orang yang sombong.

Malu itu terbagi menjadi dua: pertama malu yang tidak terpuji menurut agama (madzmum) sebagaimana malu diatas, dan malu yang terpuji menurut agama (mamduh).

Malu yang terpuji menurut agama adalah malu yang membuat seseorang mampu mencegah diri dari melakukan perbuatan maksiat.

Kegiatan belajar LDNU PCNU Kabupaten Brebes

Oleh karenanya Rasulullah bersabda:

الحياء من الايمان رواه البخاري و مسلم

” Malu (yang mamduh) itu sebagian dari iman.” (H.R. al Bukhari & Muslim).

Malu yang mamduh adalah ahlak seluruh para Nabi & orang-orang sholeh. Malu yang mamduh akan mendorong manusia untuk selalu berbuat taqwa yang senantiasa dilandasi dengan kefahaman ilmu yang shohih hasil dari giat mencari ilmu agama terkhusus ilmu agama yang hukum mempelajarinya adalah fardlu ain alias ilmul hal atau ilmudl droruriy.

Sayyidah Aisyah rodliyallahu anha berkata:

نعم النساء نساء الأنصار لا يمنعهن الحياء من أن يتفقهن في الدين

“Perempuan yang terbaik adalah perempuan anshor, malu (mamduh) mereka tidak menghalangi mereka dari belajar ilmu agama”.

Sebagai warga NU sudah seharusnya kita giat belajar ilmu agama, mengajarkan ilmu agama, memfasilitasi kegiatan-kegiatan belajar ilmu agama dan membangun jaringan yang kuat diseluruh sektor kehiduoan demi tersampaikannya ajaran Asy’ariyyah, Maturidiyyah, ajaran Hanafiyyah, Malikiyyah, Syafi’iyyah ataupun Hanbaliyyah dan ajaran tashowwuf ala manhaji al Ghozali & Junaid al Baghdadiy atau masyhur dengan sebutan ahlus Sunnah Wal Jama’ah.

Jangan pernah bosan dan selalu-lah ber-inovasilah untuk melakukan dakwah Islam Ahlus Sunnah Wal Jama’ah agar ajaran islam khususnya yang fardlu ain untuk diketahui orang baligh-berakal (mukallaf) nyata betul tersampaikan kepada segenap masyarakat.

Jihad termulya diakhir zaman adalah jihad bilbayan yaitu jihad menyebarkan penjelasan ilmu ahlus sunnah wal jama’ah, satu satunya aqidah yang benar ditengah serbuan aqidah non ahlus sunnah wal jama’ah.

Punyailah rasa malu apabila kita menjadi manusia yang tak punya sumbangsih dalam penyebaran ilmu ahlus sunnah wal jama’ah.

Ataukah anda akan diancam (wa’iid) oleh Nabi dengan ungkapan beliau:

… إذا لم تستح فاصنع ما شئت رواه البخاري

“Kalau anda tak punya malu berbuatlah seseukamu” H.R al Bukhariy.

Penulis : Muhammad Mawardi, ( Penyuluh Agama Non PNS Kec. Bulakamba, Ketua LDNU PCNU Brebes )

Baca Juga :

By Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *